Tips masak sehat ala Dikuliner

(tipsmasak.worpress.com)

Memasak hal yang setiap hari dilakukan para ibu rumah tangga. tidak sedikit dari mereka yang terkadang sibuk dengan urusan mereka setiap hari, mungkin ibu - ibu yang sibuk dengan pekerjaannya yang mungkin masak saja sampai terbengkalai hingga menomor duakan masalah kesehatan saat memasak.
mulai dari perabotan masak yang ala kadarnya, proses pengolahan yang kurang higenis menjadi dampak merusaknya vitamin, potassium dan folat yang ada pada sayuran hingga 20 persen.
ada beberapa tips masak sehat ala dikuliner berikut ini :

1. Penggunaan Microwave
penggunaan memasak yang satu ini menggunakan gelombang mikro. kebanyakan setiap orang bahkan ibu - ibu rumah tangga memasak dengan microwave karena lebih praktis, higenis dan lebih mudah hemat dalam jangka waktu panjang.

2. Memasak dengan cara Merebus
yang perlu diperhatikan cara masak dengan direbus agar vitamin tidak rusak yaitu saat masak diusahakan ketika singkat ketika sudah matang, suhu api tidak boleh terlalu tinggi dan air jangan terlalu banyak.

3. Memasak dengan cara dibakar / panggang
memasak dengan cara dibakar memang populer dan sangat diminati banyak orang, biasanya banyak orang, tapi proses dengan cara yang satu ini jangan terlalu sering digunakan karena protein dari bahan-bahan tersebut berubah menjadi amina heterosiklik sehingga jika masuk ke dalam tubuh akan meningkat dan mengakibatkan peningkatan resiko terhadap kanker payudara, kanker lambung, kanker usus besar dan kanker lambung.

4. Memasak dengan cara dikukus
masak yang satu ini hampir sama seperti dibakar dan direbus, tetapi metode yang satu ini menggunakan uap air yang panas untuk mematangkan masakan.
Makanan yang dikukus hanya akan mengurangi asam folat sebanyak 15%. Bandingkan dengan merebus yang akan mengurangi asam folat hingga 35%. Kandungan vitamin C pada makanan kukusan juga hanya berkurang 15%, sedangkan merebus akan menghilangkan vitamin C sebanyak 25%.  Mengukus juga lebih praktis karena Anda tak perlu menyaring makanan. Makanan pun lebih cepat matang.


EmoticonEmoticon