Blenyik

Ikan yang kaya mengandung Gizi Protein, Lemak, dan bermacam macam vitamin B, vitamin B6, vitamin B12 dan masih banyak lagi gizi yang terdapat didalam daging ikan itu sendiri. 
Nah Apa itu blenyik? Bleyik adalah makanan yang terbuat dari ikan teri yang masih mentah lalu diberi bumbu penyedap seperti garam, setelah di beri garam ikan teri yang masih mentah ini di bentuk bulat seperti bola dengan diameter kecil kemudian di jemur atau dikeringkan dibawah sinar matahari.
Setelah itu tidak langsung dimakan, masa iya ikan teri masih mentah dimakan, dimasak dulu menggunakan minyak goreng atau dimasak seperti biasanya. Kamu bisa membeli bleyik dan menjadikan ini sebagai oleh-oleh. Blenyik sungguh sangat nikmat lagi bila ditambahkan dengan sambal pedas yang akan sangat menggugah selera makan kita.
Fungsi dari di beri garam dan di jemur agar ikan teri bisa tahan lebih lama, oleh karena itu makanan ini sangat pas untuk di jadikan oleh-oleh khas Jepara. Ada salah satu desa yang memproduksi banyak bleyik, nama desanya adalah Desa Karangji, Jepara.


EmoticonEmoticon